Ada Pertanyaan? Silahkan Hubungi WA: +6282-260-551-862

( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Benarkah Kayu Jati Lebih Baik Dari Kayu Mahoni?

Wednesday, February 24th 2016.

Dalam dunia pertukangan, kayu mahoni merupakan jenis kayu yang sangat populer sebagai bahan baku mebel dan kerajinan selain kayu jati. Kayu ini dikenal memiliki kualitas dan ketahanan yang baik. Meski demikian, lepas dari kepopulerannya tersebut, kayu mahoni sering dianggap sebagai kayu kelas dua dibawah kayu jati.

Tapi apakah benar begitu?

 

gambar dari http://pasangiklangratisan.net

Gambar dari http://pasangiklangratisan.net

 

Sebelum menjawabnya mari kita kenali dulu karakteristik dari kayu mahoni.

Salah satu karakteristik dari kayu mahoni yang sangat jelas terlihat adalah warna dagingnya yang kemerahan dengan bagian pinggir yang agak keputihan. Tingkat kepekatan warna merah ini biasanya tergantung dari usia kayu mahoni itu sendiri. Semakin tua usianya, biasanya semkain pekat pula warna merah yang dimiliki.

Warna dasar kayu mahoni yang seperti inilah yang menjadikannya sangat bagus jika difinishing dengan warna-warna natural atau klasik.

Lebih lanjut, kayu mahoni dikenal memiliki serat yang lurus dan seragam dengan tekstur halus dan pori-pori yang kecil. Karakteristik ini menyerupai dengan apa yang dimiliki oleh kayu jati. Karena inilah kedua kayu tersebut banyak digunakan sebagai bahan produk mebel dan kerajinan. Tekstur yang halus akan menghasilkan produk mebel yang juga halus.

Kayu mahoni yang ditangani dengan baik memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap penyusutan dan perubahan bentuk, ini alasan mengapa kayu mahoni selain dipakai untuk mebel dan kerajinan, juga banyak dipakai dalam industri gitar dan alat2 musik lainnya.

Lantas mengapa kayu mahoni dianggap memiliki kualitas dibawah kayu jati?

Mungkin salah satu alasannya adalah karena harganya yang memang di bawah atau lebih murah dibandingkan dengan kayu jati. Kayu jati sangat populer di dalam negeri. Hampir semua konsumen menginginkan mebel yang mereka pesan terbuat dari bahan kayu jati. Akan tetapi, yang tidak banyak orang ketahui adalah ternyata di luar negeri, khususnya untuk pasar Eropa, kayu mahoni lebih populer dibandingkan dengan kayu jati. Disana kayu mahoni tergolong sebagai salah satu kayu mahal dan mewah.

Inilah yang membuat kayu mahoni banyak dipakai untuk memenuhi kebutuhan ekspor. Sesuai dengan karakternya, kayu mahoni banyak dipakai untuk pembuatan mebel-mebel klasik. Tentunya ini salah satunya juga untuk mengikuti selera pasaran Eropa yang memang lebih menyukai produk-produk klasik.

Alasan lain adalah kandungan minyak alami kayu mahoni yang rendah sehingga menjadikan kayu mahoni lebih memungkinkan untuk difinishing cat duco yang lazim digunakan untuk mebel-mebel klasik tanpa resiko meninggalkan noda kekuningan seperti pada kayu jati.

Lalu apa kesimpulannya ?

Jadi apakah kayu jati benar lebih bagus dari kayu mahoni? Belum tentu. Banyak faktor yang mempengaruhi, terutama sekali adalah tingkat usia. Selain itu perlu juga dilihat dari tingkat kekeringan bahan kayu, kepadatan pori dan serat, dan ada tidaknya cacat mata mati, dan cacat hati pada kayu tersebut.

Di banyak kasus, kayu jati memang dianggap lebih bagus dari kayu mahoni. Kayu jati yang memenuhi kriteria ini tentunya merupakan kayu jati pilihan, bukan kayu jati muda ataupun kayu jati sembarangan. Dilain pihak, kayu mahoni yang telah mengalami perlakuan khususpun bisa mengungguli kualitas dari kayu jati.

Selain itu, tujuan penggunaan merupakan faktor yang tak kalah penting dalam penentuan jenis kayu, apakah untuk indoor ataukah outdoor, apakah untuk mebel klasik ataukah modern. Salah memilih jenis dapat berakibat kurang maksimalnya hasil yang didapat nantinya.

Penulis tidak berani menentukan mana yang lebih baik, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Akan tetapi yang pasti, baik kayu mahoni maupun kayu mahoni merupakan kayu berkelas dunia dengan basis kepopuleran sendiri-sendiri di masing-masing daerah.

Apapun bahan kayu yang Anda pilih, pastikan kayu tersebut merupakan kayu tua. Pilih kayu dengan diameter besar dengan sedikit warna putih.

Produk terbaru

Rp 800.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeKL-34
Nama BarangKaligrafi Ukir Kayu Ayat Kursi
Harga Rp 800.000
Lihat Detail
Limited
Rp 11.500.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeKA-9
Nama BarangKaligrafi Terbaik Bentuk Pedang
Harga Rp 11.500.000
Lihat Detail
Rp 5.500.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeKL-1
Nama BarangKaligrafi Asmaul Husna Super Jumbo
Harga Rp 5.500.000
Lihat Detail
Rp 2.700.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeKL-2
Nama BarangJual Kaligrafi Asmaul Husna
Harga Rp 2.700.000
Lihat Detail
Rp 800.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeKL-4
Nama BarangKaligrafi Ayat Kursi Ukir Kayu
Harga Rp 800.000
Lihat Detail
Rp 800.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeKL-5
Nama BarangJual Kaligrafi Ayat Kursi Matahari
Harga Rp 800.000
Lihat Detail

Temukan Kami di

Rekening Bank

2471763448
3568-01-026412-53-3

Pengiriman